Sejarah Perkembangan SuperWash Laundry
Gaya hidup yang serba praktis menjadikan orang tak lagi mau dipusingkan oleh beban kerja sehari-hari seperti urusan mencuci pakaian kotor. Fenomena ini ditangkap oleh Virdiansyah yang membuka bisnis laundry kiloan bernama SuperWash Laundry.
SuperWash Laundry berdiri sejak tahun 2005. Bermula dari sang pemilik,
Virdiansyah mempunyai keinginan untuk membuka lapangan usaha yang
memiliki prospek cerah karena itu ia memutuskan berbisnis laundry kiloan
yang lebih praktis dan akan semakin dibutuhkan mengingat gaya hidup
masyarakat yang serba praktis dan enggan mengurus pakaian kotor. Dengan
strategi pemasaran dan profesionalisme pelayanan yang memuaskan,
SuperWash Laundry berhasil menghadapi para pesaingnya yang terbilang
ketat. SuperWash Laundry berkembang menjadi usaha laundry yang besar dan prospektif, hingga pada tahun 2009, Virdiansyah mengembangkan usahanya di bidang franchise / waralaba.
Perkembangan SuperWash Laundry setelah sistemnya di-waralaba-kan bisa
dibilang selalu mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Dari tahun
pertama yaitu tahun 2009 yang hanya memiliki 1 atau 2 mitra kini sudah
berkembang menjadi 130 mitra di seluruh Indonesia. Dari mitra-mitra
tersebut tersebar di beberapa daerah, seperti Aceh, Medan, Pekanbaru,
Batam, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang,
Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Sidoarjo, Banjarmasin, Samarinda,
Palu, Kendari, Manado, Kupang, dan daerah lainnya.
Omsetnya setiap bulan berbeda-beda tergantung dari paket yang
ditawarkan. Rata-rata per bulan omsetnya sekitar 150 – 200 kg per hari
dengan harga yang disesuaikan pada kondisi wilayah masing-masing.
Rata-rata margin keuntungan mulai dari 10 % - 60% tergantung wilayahnya
masing-masing. Untuk mempertahankan brand-nya, ada motto yang dipegang SuperWash Laundry yaitu We Have Everything You Need.
SuperWash Laundry saat ini menyediakan 3 paket waralaba yaitu paket
Super Rp 53 juta rupiah, paket VVIP Rp 80 juta rupiah dan paket Industri
Rp 100 juta rupiah, bagi para mitra yang hendak bergabung. Nilai
paket-paket yang ditawarkan inilah yang membuat SuperWash Laundry
dikenal sebagai low cost franchise laundry karena modalnya yang relative
kecil. Dari sejumlah investasi tersebut bisa mendapatkan Full Paket
Bisnis berupa peralatan mesin laundry, paket promosi dan full Standart
Operational Procedure (SOP) yang sudah teruji dan mudah diaplikasikan.
Belum lagi disertakan pula strategi marketing khusus, untuk mendapatkan
BEP (Break Even Poin) dalam kisaran waktu 7-8 bulan.
Untuk mendapatkan kualitas yang baik, maka pihak mitra akan diberikan
pelatihan yang cukup fleksibel. Selain itu, demi kepuasan pelanggan
salah satu strategi yang dilakukan dengan sistem membership. Dalam hal
promosi, tak hanya lewat brosur atau pamflet saja yang disebarkan ke
pemukiman warga, namun juga lewat media cetak maupun media online.
FILOSOFI PERUSAHAAN
“Grow Together, Help Each Other”
VISI
Menjadi Low Cost Franchise Laundry ternama dan terkemuka pertama kali
di Asia dengan memiliki lebih dari 500 cabang tahun 2015 karena kualitas
dan inovasi layanannya.
MISI
- Menawarkan paket franchise dengan harga terjangkau dan worth-it kualitasnya.
- Memberikan pelayanan terbaik kepada franchisee dan pelanggan.
- Menciptakan kesejahteraan bersama bagi pemilik, manajemen, staff dan franchisee.
- Menyediakan berbagai fasilitas komplit yang belum tentu dimiliki competitor.
Penghargaan SuperWash Laundry
1. Juara 1 Wirausaha Muda Berprestasi 2010
2. Business Opportunity Best Seller 2010 Kategori Bisnis “Laundry Kiloan”
3. Finalis Wilayah VII Wirausaha Mandiri 2010
4. Young Entrepreneur Award 2011
5. Runner Up Young Entrepreneur Indonesia 2011
6. Indonesia TOP Business Innovation Award 2011 Kategori “TOP Service Excellent”
7. Franchise Brand Awareness Survey 2011 Kategori “Franchise TOP of Mind”
8. Asia Pacific Entrepreneurship Award 2011
9. Indonesian Business Award 2012 Kategori “The Best Laundry”
10. Trust & Smart Companies Awards Winner 2012 Category “The Most Favorite Laundry Highly Recomended of The Year”
SuperWash Laundry



0 komentar:
Posting Komentar